Wednesday, April 6, 2016

Yogyakarta Workshop/Class/Market Directory, April 2016

Learning new things by challenging myself and being open minded menjadi mantra personal saya untuk menikmati hari demi hari yang tidak mudah-mudah amat ini (halah, belum apa-apa udah berat aja, Nad :p). Saya yang mungkin bukan lagi terhitung muda belia, ngerasa nggak ada waktu untuk fooling around/aneh-anehan tanpa arah. Sebentar lagi 28, dan masih lajang, jadi saya kudu sadar memanfaatkan waktu sebaik-baiknya untuk menikmati hidup dan (kalau waktu luang dan kondisi kesehatan mendukung) menambah tabungan keahlian, mencoba menambah perspektif mengenai hal-hal yang bikin saya penasaran.

Sekilas kelas, bazar, dan kumpul produktif yang pernah saya ikuti. Superfun!


Berbanding terbalik dengan pembawaan yang meledak-ledak dan (terlihat) positif, saya sebenarnya masih suka takut-takut, malu-malu dalam hal nyobain hal-hal dan ketemu orang/komunitas baru. Saya seringnya malah "memaksa" diri untuk terus nekad nyemplung, supaya jangan diam dan gini-gini aja. Lawan sih Nad malesnya, get up and go! Meski sebenernya nggak terlalu memaksa juga, kalau pas butuh istirahat dan leyeh-leyeh, ya saya akan mager sepuasnya. Ah saya ini semacam terobsesi pada keseimbangan :))

Pada akhirnya ... Saya selalu bersyukur berkesempatan tinggal di kota ini (Jogja, uwowowoooo!) yang di sini, dengan mudahnya kita bisa berpapasan dengan orang-orang tak terduga lagi baik berbudi dengan beragam misi. Berinteraksi dengan mereka yang punya manifestasi passion yang bermacam-macam, dan hasrat untuk menyalurkan ilmu kepada orang lain. That's the golden part! Terbukti dari penuhnya jadwal akhir pekan yang sempat saya kumpulkan berikut:


Yoga di Joglo Bersama

Credit: @kedairasayana

Mulai 8 April 2016 ini, dan akan terus berlanjut setiap hari Jumat, jam 8-10 pagi. Yoga bersama instruktur Mbak Agustine di Joglo Bersama Rumah Pendopo Maguwo yang supercozy itu.

Buat yang nggak ngantor di hari dan jam segitu, serta bingung mau memulai yoga dari mana, boleh lah datang dan ikut. Percayalah, kalau cocok, yoga itu sangat menyenangkan, menenangkan, bikin nagih, dan membuat perubahan yang berarti untuk tubuh dan jiwamu. Biaya kontribusi per kelas adalah Rp75.000,00. Bawa sendiri matras dan botol minummu, ya.

Info dan registrasi: @kedairasayana atau hubungi Citra: 0878-8111-0877


Kelas Membuat Minyak Kelapa Murni dan Pemanfaatannya

Credit: @kedairasayana

Sabtu, 9 April 2016.

Selain Yoga Class yang terbilang masih baru, sebenarnya Kedai Rasayana secara rutin mengadakan kelas dengan tema seru yang bervariasi setiap Sabtu, pukul 10.00-12.00, dan Sabtu ini, akan ada Kelas Membuat Minyak Kelapa Murni dan pemanfaatannya. Bisa buat oil holding ritual di pagi hari, minyak untuk memasak, dressing salad, sampai merawat kulit dan rambut. Jadi silakan follow dan rajin-rajin cek instagram mereka untuk info kelas terbaru.


Kelas Seduh Akhir Pekan

Credit: @wikikopi_id


Sabtu & Minggu, 9 & 10 April 2016 di Wikikopi, Pasar Kranggan.

Kelas ini dibuat untuk merangkul pecinta kopi untuk mengembangkan minat dan menambah keahlian dalam mengolah dan menyeduh kopi. Tak ada yang paling senior atau junior, lewat kelas ini, Wikikopi ingin merangkul pemula yang tertarik mendalami, hingga mengajak para praktisi/barista/brewer yang ingin menyegarkan lagi pemahaman mereka soal kopi. Kelas diadakan intensif selama dua hari, dari pukul 08.30 0 15.30. Setiap kelas dibatasi 5 peserta dan pendaftaran ditutup pada hari Kamis 7 April 2016 atau 3 hari sebelum kelas dimulai. Biaya untuk mengikuti kelas ini adalah Rp440.000,00 (sudah termasuk makan siang).

Info dan registrasi: Dodoy 0812-2501-4501 


Jalan-Jalan Jalur Tua Pertanian

Credit: @oceanoflife_id

Sabtu, 9 April 2016

Salah satu dari agenda rutin untuk menumbuhkan kecintaan dan penghargaan kita terhadap potensi pertanian lokal. Diselenggarakan oleh Ocean of Life Indonesia, peserta nantinya akan diajak menyusuri jalur tua pertanian dari Dusun Kelor Kidul ke Pantai Watu Kodok, tentunya dengan berjalan kaki sejauh 8 KM dengan waktu tempuh 4 jam. Nantinya peserta akan melewati pemukiman, ladang, gua, perbukitan, kali, hutan dan berakhir di Pantai Watu Kodok. Contribution fee untuk trip ini adalah Rp400.000,00 sudah termasuk:
- Transportasi jemput antar Jogja-Gunungkidul PP
- Kudapan dan makan siang di pantai Watukodok
- Donasi program

Info dan registrasi: @oceanoflife_id, 0813-2713-3030 (telepon & SMS), 0858-7819-8889 (WhatsApp), atau email ke info@oceanoflifeindonesia.org



Body Care Hacking Class 
(using ingredients from your kitchen)

Credit: @learnme.loveme

Minggu, 10 April 2016 / 13.00-16.00 di Kedai Madre, Ruang Rasa / Taman Kuliner Pringwulung. 

Nah kalau yang ini saya udah daftar, selain karena kuota pesertanya terbatas untuk 15 orang saja, saya juga udah lama penasaran sama urusan bikin body care sendiri yang bahan-bahannya sebenernya mudah dan bisa didapat dari dapur sendiri. Cuma ya ... kemarin-kemarin masih kalau harus bikin sendiri (males lagi??? haha), nunggu ada pemantik dan acara ngumpul bareng begini. Pengisinya bernama Mbak Asa, bisa kepoin kiprahnya di instagram @ktsc.witch woohoo! Info lebih lanjut mengenai contribution fee untuk kelas ini bisa langsung menghubungi kontak di bawah :).

Info dan registrasi: @learnme.loveme atau hubungi Titha: 0813-9111-1745



Saturdye Charity Workshop 

Credit: @mataharikuning

Sabtu, 16 April 2016 di Janela Guest House, Minggiran Baru, MJ 2 No. 29 (Roemah 29 on GoogleMaps)

Workshop mencelup kain dengan pewarna alami. Sedang hits dan hip, terutama buatmu yang menggemari produk-produk natural dye seperti KotakSiKuning, KanaGoods, dan Manungs. Kalau bisa membuatnya sendiri, pastinya bisa mencapai kepuasan di level berbeda, atau bahkan bisa menginspirasi peluang usaha di masa depan. Biaya untuk workshop ini Rp100.000,00 sudah termasuk kain, peralatan, dan donasi.

Info dan registrasi: @mataharikuning atau Ocit: 0857-8645-9562 



Foodie Me(eat)up Jogja

Credit: @yogyakarsa
Minggu, 17 April 2016 / 14.00-selesai di OK Omah Kopi, Jalan Gondosuli.

Sekadar kumpul-kumpul dan silaturahmi untuk siapapun, yang punya kesamaan minat dalam hal makanan, serta senang mengomentari dan mendokumentasikannya menjadi foto yang ciamik. Acara ini digagas oleh Yogyakarsa, sebuah kolaborasi dan inisiatif kolektif yang pengin membaurkan berbagai komunitas dan brand di Jogja dan sekitarnya. Di acara ini kita boleh datang bawa diri, atau jika kamu pemilik brand makanan dan ingin langsung kasih produk/tester ke para foodie yang hadir, you're more than welcome to join ;) Semuanya gratis, karena acara ini murni hore-hore, tempat icip-icip, dan saatnya mulai berkenalan.

Info dan registrasi: @kucingkeliling



Hand Lettering Art Workshop

Credit: @projectbareng

Minggu, 17 April 2016 / 13.00-17.00 di Sahid J-Walk, Babarsari. 

Seni menulis indah kembali tren dan semakin digemariii! Nggak ada kata terlambat untuk belajar, dan nggak harus jauh-jauh ikut kelas LivingLoving ke Jakarta, karena di Jogja kita juga bisa belajar dari Mbak Afida Kurnia. Untuk kelas ini dikenakan Rp85.000,00 sudah termasuk peralatan dan sertifikat, lho. Konon acara ini juga merupakan rangkaian dari roadshow festival Generasi 90an, yang bisa kamu kepoin lebih lanjut setelah ini.

Info dan registrasi: @projectbareng, misfarmdni (Line), atau 0838-6968-3613 (telepon & SMS)





Content Writer Do & Don't

Credit: @ilmuberbagi
 
Minggu, 17 April 2016 / 10.00-selesai di Rumah Komunitas Ilmu Berbagi Foundation, Jalan Pandegasiwi No.14B, Depok, Sleman.

Upgrade skill menulis memang nggak pernah jadi topik usang, apalagi kalau ngeliat perkembangan dunia penulisan online yang bisa beda banget sama dunia tulis-menulis konvensional. Hmmm... puyeng-puyeng... tapi jadi lebih mudah karena selalu ada segambreng kelas yang bisa membantu meringankan beban pikiran kita. Salah satunya kelas yang menghadirkan pemateri Mbak Indah Juli. Tau dong siapa beliau, hehehe...

Acara ini gratis untuk seluruh volunteer Ilmu Berbagi Foundation dan terbuka untuk umum. Syaratnya mudah, cukup membawa minimal dua buku bekas atau satu buku baru yang nantinya akan disalurkan ke Taman Baca Mitra Ilmu Berbagi Foundation. Jangan lupa bawa laptop masing-masing ya, karena kayaknya akan langsung praktek.

Info dan registrasi: Cek @ilmuberbagi atau dapat menghubungi Mitha: 081234414547




Geo Nature Trail

Credit: @oceanoflife_id

Sabtu-Minggu, 23-24 April 2016. 

Masih, trip ini juga diselenggarakan oleh Ocean of Life Indonesia, tapi kali ini lebih intensif dan spesifik. Kalau misal kelewatan program-program OLI sebelumnya, program akhir bulan ini bisa jadi pelipur laramu. Agendanya antara lain: menyusuri kawasanGeopark dari Pantai Siung hingga Pantai Wediombo, berjalan kaki dengan jalur yang cukup menantang sejauh 6 KM, dengan waktu tempuh sekitar 6 jam, menyusuri tebing-tebing pembatas daratan dan laut Samudera Hindia, melewati kaki gunung api purba Gunung Batur dengan segala keanekaragaman hayatinya, yang merupakan rentang kawasan batuan vulkanik di antara bentang wilayah batuan kapur (karst) dan berakhir di kawasan konservasi Pantai Wediombo. Perjalanan kembali ke Pantai Siung akan lebih romantis karena menggunakan perahu nelayan. Contribution fee untuk program ini adalah Rp700.000,00 sudah termasuk:

- Transportasi jemput antar Jogja-Gunungkidul PP
- Kemah di Pantai Siung
- Naik perahu nelayan dari Pantai Wediombo ke Pantai Siung
- Kudapan dan makan selama program
- Donasi program

Info dan registrasi: @oceanoflife_id, 0813-2713-3030 (telepon & SMS), 0858-7819-8889 (WhatsApp), atau email ke info@oceanoflifeindonesia.org



Yang Tetap dan Patut Diantisipasi:

Pasar Kamisan, setiap Kamis jam 11.00-13.00, dan SetuSelo, setiap Sabtu jam 10.00-14.00 di Kedai Rasayana, selatan Stadion Maguwoharjo. Pasar rutin yang menjadi tempat kumpulnya penjual serta penyuka makanan sehat, lokal, dan organik. Seperti yang sudah saya tulis di bagian atas, setiap Sabtu juga dihelat kelas-kelas asyik dengan tema berbeda setiap minggunya. Saya pernah ikut kelas membuat kombucha, kelas self-healing, sampai kelas membuat sarapan sehat. Semuanya seru dan ilmunya kepake terus sampai sekarang.

Pasar Sehat Demangan, setiap Jumat jam 16.00-19.00 di RM Demangan, Jalan Demangan Baru. Pasar produk pangan lokal dan organik ini biasanya penuh sesak karena puluhan orang sudah standby bahkan sebelum para penjajanya hadir. Gelar Primadona di tiap Jumat ini biasanya jatuh kepada Kebun Roti yang saking larisnya, pembeli diharapkan tertib dengan mengambil nomor antrian sebelum memilih roti kesukaannya. Wih!

Kelas Memasak Sehat Bersama Letusee di Taman Bacaan Natsuko Shioya, Jalan Sumberan 2. Setiap minggunya  Sekolahku MySchool mengadakan rangkaian acara untuk berkumpulnya orang tua murid dan siapa saja yang mau gabung. Dalam sebulan, ada satu kali kelas memasak bersama Letusee, dengan menu-menu sederhana yang lezat, sehat, dan cantik bentuknya. Saya sendiri sudah pernah ikut dua kali dan selalu bisa mengulang menu-menunya di kost saya. Follow dan cek instagram @letusee.yk untuk info kelas selanjutnya, ya!

Sasanti Healthy Hangout di Sasanti Resto & Gallery, Jalan Palagan. Sebuah pasar untuk produk homemade, lokal, dan organik yang dihelat sekali setiap bulannya. Untuk jadwal lebih lanjut, kita bisa follow atau sering-sering cek @sasanti_restaurant. Biasanya selalu ada kelas asyik juga lho, seperti kelas membuat pizza dari ragi alami yang pernah mereka buat bersama @kebunroti dan membuat spread cokelat bersama @cokelatndalem. Ini juga bisa jadi kesempatan para bunda untuk mengajak anak bermain di ruang terbuka dengan suguhan makanan dan jajanan nikmat nan sehat. Ah, couldn't ask for more.


 -


Jadi buat siapa saja yang masih bingung mau mengisi waktu dengan cara apa atau di mana, rangkuman di atas mungkin bisa memberi sedikit inspirasi. Nggak harus dijabanin semua juga, kan tiap orang punya prioritas, ketertarikan, dan waktu luang yang berbeda-beda. Investasi atau biaya yang dikeluarkan kadang setara sama ongkos sekali nongkrong di kafe-kafe cantik, ya nggak sih? Mending oh mending kalau kata saya, dipakai buat main dengan hal-hal baru yang siapa tahu cepat atau lambat terasa manfaat baiknya. Well, nothing good comes from doing nothing, anyway.

Post ini akan terus saya update kalau ada info terbaru atau poster yang menyusul di hari-hari yang akan datang. Kalau mau update terus, jangan sungkan untuk berkunjung ke instagram saya @baiqnadia (promosi dikit, hahaha). Feel free untuk berbagi info yang kamu tahu tapi belum saya cantumin di sini. Dan sampai ketemu di salah satu,dua,tiga petualangan di atas!



Love & light,
Nadia


16 comments:

  1. Acaranya seru2 yaa.. pengen deh ikut yang "Jalan-Jalan Jalur Tua Pertanian" hehe..
    Hand lattering art workshop juga asik kyknya, melihat saya yang susah banget buat menulis indah.. hahaha..

    Have fun ya buat acara akhir pekannya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih sudah mampir, Ayomiii *terharu*

      Ikut donggg kalau ada waktu, saya juga udah ngetag kelas hand lettering, sayangnya bentrok sama Foodie Meetup, huhuh. Seadainya bisa membelah diri *ngawur*

      Delete
  2. :((
    Pengen ikut Body Care Hacking Class Naad, tapi ada kondangan. :((
    Bujukin panitianya buat bikin lagi doooong. :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh ntar ditanya lagi, kalo animo besok bagus mungkin bisa bikin lagi bulan depan kak. Semangat! Nanti aku bagi ceritanya di blog juga :D

      Delete
  3. Keren infonya, Nad. Aku baru tau ih, ketinggalan banget, padahal banyak lokasinya dekat rumahku :(
    Aku mau ikutan yang Body Care Hacking Class itu, kemarin diwhatsapp dan mupeng :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Mba Indaaah. Seneng bisa membantu!

      Ayooo ketemu di acara itu, aku pun udah daftar. Sampai jumpa ;)

      Delete
  4. Ih update banget nih. Share ke temen ah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih banget, monggo dishare yang banyak :)

      Delete
  5. ihhhh keren2 amat acaranyaa.... trutama yg geo nature trail tuh mbak ;), secara aku suka bgt traveling. .. tapi kenapa ini semuanya di Jogjaaa -__-..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi, terima kasih. Laaa judulnya aja dimulai dengan "Yogyakarta" kalau main ke Jogja tiap weekend apa event-event semacam di atas kok *jadi makin pengin ke Jogja*

      Delete
  6. NAD! Paragraf pertama dan kedua di postingan ini benar - benar sama dengan apa yang kurasakan jugaa :')

    Btw, Jogja makin seru aja yaah. Jadi ikutan seneng liat berbagai acara yang terlihat menyenangkan semuanyaa.

    Keep updating yaa Nad! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ozuuuuu, kamu baik-baik di sana ya.

      Makasih buat kunjungannya :)

      Iya Jogja makin keranjingan gini, kalo mau diikutin semua bisa kewalahan. Tapi semoga bukan tren sesaat dan bakal terus meningkat x)

      Delete