Tuesday, March 1, 2016

Sarapan Sehat: Yellow Tumeric Milk Easy Recipe

Wihiii! Seminggu berlalu kayak sekedip, tiba-tiba udah masuk ke bulan ke-3 di tahun ini. March on!

Ingat kan minggu lalu saya bercerita tentang kelas Sarapan Sehat bersama Bu Janti @alterjiwo yang super menyenangkan itu? Kali ini saya coba salah satu resep yang disarankan. Resep yang aslinya bernama Golden Turmeric Milk, tapi ternyata karena hasil racikan saya kurang nge- "gold" saya ganti saja judul kali ini jadi Yellow Turmeric Milk.

Resepnya segampang berhitung 123 dan bahan-bahannya bisa jadi sudah nongkrong lama di lemari/kulkas kita sekalian. Coba intip yuk minuman berlemak (baik), anti flu, dan depresi karena sejuta manfaat kunyit dan jahe, yang sudah jadi resep merawat diri di berbagai belahan dunia sejak jaman pendudukan Portugis di Maluku *uopooo tho Nad, Nad.Rasanya gurih, manis, dan efeknya bagus banget untuk bikin rileks.

Bahan:

  • Susu kelapa (aka santan, bisa juga buat sendiri dari kelapa tua diparut, dicampur air, diblender, dan diperas sarinya). Kalau kepepet waktu kayak saya kemarin, bisa pakai santan yang dijual di supermarket, dari semua yang paling dipercaya kualitasnya adalah "Klatu" (bukan promosi ampun ampun). Susu kelapa juga bisa diganti dengan susu kedelai, atau susu nabati lainnya.
  • Kunyit, diparut
  • Jahe, diparut
  • Gula batu/madu, usahakan bukan gula pasir atau refined sugar, ya ;)  
 
Cara membuat:

  • Jerang semua bahan dalam panci, aduk rata.
  • Masukkan gula batu/madu
  • Setelah warna berubah menguning, saring dan sajikan hangat.  



Paling baik diminum di kala pagi, sehabis stretching atau yoga. Atau kapanpun kamu merasa badan terasa semriwing butuh kehangatan.


Love & light,
Nadia

4 comments:

  1. Lhuk, menu herbal nih. *catet
    Enak diminum pas pagi2 hujan gitu ya Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diminum pas nggak ujan juga bagus. Katanya kalo pagi badan baiknya dikasih yang hangat-hangat biar "manasinnya" ramah :)

      Delete
  2. Mak Nadsiii, supercool, boleh ya delivery untuk terapi kesehatan adik Kalasara :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa iya asyik juga kali ya weekend delivery sambil jalan sehat ke rumah pogung ceria :D

      Delete