Tuesday, January 26, 2016

Memasak Saat Akhir Pekan itu Menyenangkan: 3 Resep Klasik & Sehat Favorit

Akhir pekan jadi favorit saya (dan semua orang di muka bumi ini pastinya), karena ada lebih banyak waktu untuk bersantai, jajan ke luar, atau justru ngendon di rumah sambil mikir mau masak atau bikin apa.

Saya suka banget nonton serial TV Amerika seperti Modern Family, The Big Bang Theory, New Girl, dan The Mindy Project. Kadang kepengaruh juga sama apa yang sedang mereka makan. Krucuk ... kriuk ... sejak pagi perut yang lapar ini sudah memanggil~

Jadilah saya sok-sokan membuat sendiri apa yang teinspirasi dari TV tadi. Cek bahan yang ada, mikir bentar. Oke, gitu ya. Bla bla bla. Singkat cerita, berikut adalah hasil karya saya (yang mudah terpengaruh ini) di akhir pekan. Tidak terlampau ribet, sehat dan bersih karena disupervisi sendiri, tapi memuaskan, juga bisa lho untuk bekal anak (anak siapa???) dan piknik.

Yippiyay!

#1 All Time Favorite Mashed Potato

Bahan:

• 3 kentang
• Sebatang keju, parut
• Segelas susu murni
• Margarin



Cara Membuat:

• Kukus kentang yang sudah dikupas
• Haluskan kentang yang sudah dikukus dengan garpu. Selagi panas, beri mentega yang akan meleleh dan tercampur dengan kentang
• Tambahkan susu, aduk rata.
• Saring kentang yang sudah tercampur dengan penyaring, tekan dengan sendok sampai kentang menjadi sangat lembut.
• Siapkan wajan, panaskan kentang yang sudah disaring. Aduk sampai mengental.
• Mashed potato siap disajikan bersama tumis tomat, bawang bombai, wortel atau lauk apapun yang ada.

Untuk 2 porsi




#2 Classic Tomato Soup


Bahan:

• 3 tomat
• 2 wortel
• Seikat parsley (bisa juga seledri dan basil, tergantung lagi adanya apa)
• Bawang bombay
• Bawang putih
• Garam dan merica
• Olive oil


Cara membuat:

• Potong-potong tomat, wortel, cincang bawang putih, bawang bombay, dan parsley. Sisihkan dulu.
• Rebus air sampai mendidih
• Tumis bawang putih sampai harum dengan olive oil
• Tambahkan wortel, bawang bombay, dan parsley. Tumis sampai wortel empuk tapi bentuknya masih terjaga, dan bawang bombai berwarna keemasan.
• Tambahkan air mendidih, aduk-aduk sampai semua bahan kehilangan bentuk aslinya.
• Kecilkan api, masukkan tomat dan aduk sampai semua bahan lemas.
• Pindahkan panci dari kompor, beri garam dan merica secukupnya.

Saran penyajian:

• Kalau yang suka gaya klasik, masukkan sup yang sudah matang tadi ke blender. Blend dengan kecepatan yang paling rendah. Sajikan selagi panas.

Untuk 2 porsi




#3 Lemonbeet Smoothie*

*Teteppp ya, harus ada smoothie-nya. Inget minumnya 1 jam sebelum atau sesudah makan makanan lain. Jadi manfaatnya terserap sempurna

Bahan:

• 1 buat bit organik (lagi pas habis panen di @jogjaorganic)
• 1 lemon lokal
• Air kelapa muda beserta dagingnya



Cara membuat:

• Blend semua bahan sampai halus, sajikan dingin lebih nikmat.



Seakan tidak cukup dengan semua makanan di atas, weekend highlight kemarin juga datang dari hasil buruan saya di #PasarSehatDemangat (setiap Jumat di RM Demangan, Gejayan) ... yang tak lain adalah roti galaksi @kebunroti !!! Akhirnya bisa cobain edisi Galaksi ini, yang rotinya belum bisa saya bikin sendiri. Ada dua jenis yang saya comotin, satu adalah donat galaksi dengan vanilla cream cheese, dan satunya lagi roti galaksi dengan green tea cream. Roti ini dibuat dengan bahan sorghum atau cantel, tanpa pengawet dan gula. Warna-warninya berasal dari activated charcoal dari arang kelapa, bubuk matcha, dan buah naga. Pewarna yang nggak cuma baik dan aman, tapi juga bisa mengikat racun di usus dan mengeluarkannya dari tubuh. That's the dream! Seneng sekali pas makannya, saya pelan-pelanin biar bisa nikmatin sensasi arang yang masih kerasa. Enaknya kelewatan! Next goal: saya harus ikut kelas Kebun Roti dan belajar bikin roti sehat tanpa pengawet. Aamiin to that.


Have a good week to you!

Lots of homemade goodness,
Nadia

 ...
Artikel ini juga dapat ditemui di blog www.nonirosliyani.com dengan tag  “Selasa Sehat”  ya.. Sampai jumpa di sana :)

No comments:

Post a Comment