Tuesday, May 24, 2011

Di Balik Logo Kelinci


Logo di atas jelas dong bukan logo kelinci playboy, melainkan tanda bahwa suatu produsen telah mengklaim bahwa mereka tidak melakukan tes pada hewan dalam keseluruhan  proses produksi dari barang yang dijual. Umumya terdapat pada produk kosmetik.

Kenapa kelinci?

Nah...

Ternyata ya memang kelinci albino lah yang paling sering digunakan dalam draize test. Tes yang diambil dari nama penemunya John H. Draize, ini udah dirumuskan sejak 1944, tujuannya untuk mengukur kadar suatu bahan kimia yang ditemukan di produk kebutuhan rumah tangga dan produk kecantikan, caranya dengan meneliti efek yang terjadi pada mata dan kulit hewan.

Kelinci albino paling sering digunakan selain karena murah, juga karena bermata besar, jadi katanya kalau ada iritasi mata bisa cepat terlihat. Juga karena mereka hewan yang lembut, jadi kalau kesakitan nggak akan menggigit. Selain kelinci, monyet dan kucing adalah alternatif lain yang bisa digunakan dalam tes ini.

Aaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa!!

Menyakitkan mengetahuinya... Saya yang tidak mengerti anatomi atau apapun ini jadi mikir, emang sama ya kelinci sama manusia? Kalau efeknya beda gimana? Kan kasian kelinci yang biasanya kesakitan dan habis percobaan itu dibuang begitu saja.

Sedih karena saya cuma bisa sedih sebentar doang. Ah. Oh. Ah. Ngeri.

Semoga kelinci-kelincinya mendapat perjuangan yang layak.

Amin.

:'(

5 comments:

  1. iyaa kakak..
    kasihan kaan klo kelinci kiyut seperti HS saya di buat bahan percobaan
    hiks... hiks..

    Thx info nya yaa..
    soalnya selama ini temen2 mikirnya playboy mulu klo liat HS saya haha.. ^_^V

    ReplyDelete
  2. Playboy pake logo kelinci karena kelinci terkenal kenceng bereproduksi nad

    ReplyDelete
  3. Ada lagi yang lebih kasian Nad, yaitu kalo kelinci tadi dijadiin sate dan dagingnya digantung secara tidak beradab di box kaca sama yang punya warung makan... :(

    ReplyDelete
  4. Iya sate kelinci gak enak, lagipula kayaknya agak terngiang lucunya si kelinci lompat2. Sekali makan langsung kapok. Uhuk. Setidaknya kalo kelinci yang di kaliurang disembelih pake bismillah, sra. Bukan disiksa idup-idup :(

    ReplyDelete