Wednesday, January 5, 2011

Kisah Si Novena


Sore ini saya dengan semangat sedang sangat ingin menceritakan sebuah benda yang sangat berharga untuk saya, netbook saya, Novena.

Nama cantik tersebut ada sejarahnya lho. Tolong jangan terburu-buru menyambungkannya dengan Dian Novena Ratri, mbak cantik teman satu angkatan saya itu. Mungkin ada hubungannya, mungkin juga tidak. Novena itu nama pemberian teman saya, Adrian atau akrab disapa Ajepe.


Kisahnya pada November 2009 silam, saat sebuah pameran komputer di Jogja Expo Center (JEC) begitu menarik perhatian saya waktu itu. Saya yang ceritanya akan segera memulai skripsi diperbolehkan oleh ibu saya untuk melengkapi diri dengan laptop. Woohoo! Waktu itu saya girang bukan main, sejumlah budget sebesar 5 juta rupiah waktu itu dipercayakan ke saya. Sayangnya rasa "girang" saya tidak sendiri, dia pun berteman dengan "bingung" , "pusing" dan "buta".


Ajepe dengan baik hati dan waktu itu mungkin sedang selo berat, kemudian menemani saya ke JEC, wush! Sesampainya di sana, kami berputar-putar, survey, ambil-ambil brosur, duduk di bangku foodcourt menikmati takoyaki sambil menimang-nimang brosur. Pilihan yang sulit. Dengan budget segitu bisa beli apa? Mau beli apa? Yang kayak gimana? Jadilah hari itu termasuk dalam salah satu hari besar dalam kehidupan saya.


Nah, ntah bagaimana akhirnya dari sekian nominasi saya lalu memilih netbook Axioo DVJ Model warna hitam (karena waktu itu cuma memang itu warna yang ada). Saya pertimbangkan waktu itu karena em.. faktor tampilannya di etalase waktu itu, cantik! Dan sedikit terbuai dengan stiker Windows 7 starter yang melekat pada body-nya, yang bahkan saya tidak tahu itu bedanya apa dengan sistem pengoperasian lainnya. Selain itu karena faktor harganya yang di bawah budget, yah (ehem) saya pikir sisanya bisa saya gunakan untuk beli DVD eksternal dan macam-macam lagi, hahahahaha. Yowislah, pokoknya saya jadi
membelinya.


Sebagai rasa terima kasih saya karena sudah ditemani berpusing-pusing dan memilih-milih, saya ijinkan Ajepe memberi nama kepada si netbook baru. "Novena," katanya setelah jeda yang panjang, seingat saya. Katanya novena berarti doa permintaan dalam bahasa latin (eh, benar begitu tidak ya? hehe), pokoknya cukup terdengar relijius. Saya sih senang-senang saja, toh bagus sekali, hihi. Sekian kisah Novena mendapatkan namanya.


Kehidupan Novena selanjutnya bisa dibilang keras. Hidup bersama wanita teledor dan serampangan seperti saya. Bertandem dengan si Alien, personal computer saya yang sudah menemani saya sejak jaman culun, Novena tetap sering saya eksplotaisi. Alien cuma dipakai untuk nonton film saja. Novena yang aktif pun makin sibuk semenjak itu, main wi fi kemana-mana, ke perpus, dipinjam hampir semua anak Bul waktu itu jika sedang dibutuhkan. Bahkan Alfi pun pernah meminjamnya semalaman untuk menemani menjaga meteran listrik di daerah Timoho. Metal sekali kamu Novena... Oh... Tidak jarang saya kejam dengan tidak sengaja ketiduran saat si hitam ini terjaga. Beruntung dirinya pintar, kadang bisa berhibernasi secara otomatis.


Heh... (menghela napas)


Menjelang sore tadi di Bulaksumur B21 tempat tongkrongan saya, ada kejadian yang tidak mengenakkan, ada seseorang yang menggunakannya sebagai contoh barang pretelan berharga murah. WTF!

OK! Fine!

Saya biasa saja. Tapi eh tapi... Novena sedang dipinjamnya untuk mengirim atau mengunggah tugas apalah ah, dan saat itu sedang hujan super deras, Novena kecipratan air dari berbagai arah. Si oknum berusaha melindunginya sebisanya. Itikad baik, tetap saja... SAYA GONDOK!

Tidak perlu bersombong-sombong kalau akhirnya memanfaatkan Novena seperti itu. Kejam sekejam-kejamnya kejaaaaaam. Biarpun cuma netbook, tapi ya mbok dihargain lah... Gitu-gitu jasanya banyaaak sama aku, sama kamu... (tuh kan saya emosi).

Huh... Pada akhirnya si oknum pun minta maaf. Saya sudah memaafkan sebenarnya, hanya saja saya ingin tetap menulis ini. Sudah kepalang janji ke Novena.

Terserah jika akan mengatakan saya berlebihan, atau tidak wajar atau apapun. Yang pasti kalau tidak Novena, bisa membangkai ntah bagaimana bentuk saya selama di kamar, dengan televisi pun tidak punya, si Alien pun monitornya mbleduk, radio siarannya itu-itu saja... Neraka...

Akhir kata, semoga Novena selalu sehat!

Amiiiiiiiiiiiiiiin.





Novena dan kawan-kawan, setia dalam segala suasana.




Oknum yang konon bersalah pada Novena sore tadi. Pemilik netbook bermerk HP yang ternama dari Amerika. Bagusnya sudah segera meminta maaf setelah saya tegur. Dan katanya saya mudah tersinggung. Prek lah, Fi.
Omong-omong, gambar oknum diambil langsung dari webcam Novena lho.



26 comments:

  1. Tahik lu nad, guwe kira tentang Dian Novena Ratri, udah langsung seger aja guwe habis balik kantor. Oh ya ntar Novena jadian ama si Anwar aja, pinter dia dan punya selera musik bagus

    ReplyDelete
  2. anak ibukota gini nih ngomongnya cekalang.. iks *sok imut*

    oh sorry mas, novena udah punya partner ngedate tetap si greymon-nya alfi, efisien aja haha

    ReplyDelete
  3. Saya beruntung pernah bekerjasama dengan Novena semasa jadi redpel, luar biasa! ;D

    ReplyDelete
  4. tiap dipencet capslock-nya suka ada gembok muter2nya ya ki.. hahahahahaha

    ReplyDelete
  5. wahahahahaha, yg itu tuh paling marmos, tapi justru bikin acara ngedit jadi ketawa-ketiwi berkat lawakan si Novena ini. Pokoke luar biasa! :D

    ReplyDelete
  6. hahahahahaha, kamu jadinya punya temen novena atau temen si emilie Canon-nya remo? :D *kan critanya kamu dulu bimbang*

    ReplyDelete
  7. motor ku ta' kei jeneng e* ah, ben penak nek ditunggangi

    ReplyDelete
  8. kok saya lagi2 gak ngasih nama brang2 saya ya?

    ReplyDelete
  9. anggrekmu dikasih nama tini atau nama cewe aja wi, tini, rini atau siapalah

    ReplyDelete
  10. dwi gitu2 ternyata miara anggrek?? SANGAR!

    ReplyDelete
  11. Hahahaha...pacar sendiri bikin gondok
    tak tahu malu pula

    ReplyDelete
  12. awe dan dwi kan bentar lagi hidup bersama, miara anggrek buat bekal masa depan :)

    ReplyDelete
  13. ogah! anggrekku gak mungkin kuserahkan sama awe!
    awe gak telaten. urip dewe wae ora opo neh anggrek tini kesayanganku :P

    ReplyDelete