Friday, July 30, 2010

Belum Terlambat

Terima kasih kepada Imam Sadewa dan Anditya Eka yang berani dan lancang memutar video klip kesukaan mereka saat Ultah Internal SKM Bulaksumur Mei lalu. Tokyo Jihen atau Tokyo Incidents, begitu nama grup band yang saya saksikan di layar waktu itu. Band Jepang-Jepang-an yang menurut saya, kok unik, kok nge-jazz? kan jarang. Haha! Maklum lah, biasanya saya hanya mengerti band Jepang seperti yang mengisi soundtrack di anime-anime.

Tokyo Jihen akan selalu memukau saya. 

Ya sejak itu, saat pertama melihat video klip berjudul "Himitsu" itu. Selanjutnya adalah penjajakan, meminta dan meminta. Kyooiku (2004), Adult (2006), dan Variety (2007) adalah ketiga album yang saya minta dari Eka. Masih ditambah lagi, saya juga disuplai beberapa video klip cihuy dari Izat. Memang, kurang sejumlah singel dan album lain sih, namun dengan segitu saja saya jadi pemuja mereka setiap hari.

Aneh memang, memalukan, karena saya tidak mengerti lirik lagunya. Ntah maksudnya apa, memaki apa, bercerita tentang siapa, pokoknya blank. Tapi lebih dari CUKUP untuk mendengar harmonisasinya saja, saya sudah sangat bersyukur.

Distorsi gitarnya, denting keyboard yang jenius, dan vokal Shiina Ringo yang melengking membuat saya merinding. Jenis musiknya jazz, rock, pop, sulit didefinisikan, tapi tidak sulit dinikmati... :D

Dan rasanya terlambat sekali saya mengenal mereka, bahkan sampai beberapa saat lalu saya tak tahu siapa Shiina Ringo itu. Ternyata, penyanyi yang sudah sangat lama berhenti bersolo karir sekaligus pendiri Tokyo Jihen ini malah sempat banyak mengorbitkan band-band pengiringnya. Hingga saat ia memutuskan mengangkat tahi lalat di dagu kirinya, ia pun resmi melebur dalam band barunya saat itu, Tokyo Jihen.

September 2004 lalu, Ringo memang tidak terlalu tua untuk mulai berkarya dengan Tokyo Jihen-nya, dan di 2010 ini saya rasa saya juga tidak terlambat untuk mulai menyukai musik mereka.

:)

11 comments:

  1. sebenernya banyak kok band jepang yang nge-jazz dan ga kalah keren dari tokyo jihen.

    saran saya, kalo mau yang dengerin fussion jazz bisa coba dengerin TRIX. bisa dibaca dan didonlod dari sini:

    http://jazztyan.blogspot.com/2009/11/trix-japan-jazz-fusion-band.html

    ato bisa coba dengerin band yang bisa bikin suka dengan jazz: PE'Z yang paling terkenal lagunya akatsuki:

    http://www.youtube.com/watch?v=pDtwLLMw4BY

    ato kalo yang udah legendaris: Casiopea atau Jimsaku

    kalo gw paling rekomen: The Band Apart musiknya campuran rock dengan jazz, bossa nova, elektronik.
    cek: http://www.youtube.com/watch?v=QWGaM2wTuws

    ReplyDelete
  2. wow, thank you rekomennya. hmm maklum, biasanya cuma dengerin band jepang di anime sama boyband korea :DD

    ReplyDelete
  3. HAHAHAHAHAHAHHAA!!!!! aseek mbak nadia kena virus jepang! ):D

    ReplyDelete
  4. sedikit2 lama2 jadi bukit! tunggu saja virus itu menjalar dan melebar! >:D

    Killer Tune!

    ReplyDelete
  5. sheil aku suka ost ne tsubasa seng versi jepang, koe ndue ra? aku njaluk

    ReplyDelete
  6. mas awe: ra nduwe tapi bisa dicarikan, gelem?

    ReplyDelete
  7. aku juga mau kalo ost anime jadul saiii! :DD

    ReplyDelete