Friday, May 28, 2010

Hari Baik


Saya kembali dari kebiasaan saya on-off di dunia multiply. Dasar pemalas dungu saya ini. Haha!

Sebuah kisah tentang tanggal. Saya sadar betapa sulitnya berbagai hal di dunia ini yang menggunakan pertimbangan tanggal. Makanya kemudian dikenal istilah pencarian hari baik. Bukan hari yang suka menolong lantas dikatakan baik, melainkan hari yang PAS! Diharapkan untuk menjadi hari yang tepat untuk sebuah rencana. Tidak mudah tentunya.

Saat lahir sepertinya tanggal lahir saya tidak direncanakan (kecuali oleh Tuhan), kecuali kebetulan hari ulang tahun saya itu bertepatan dengan tanggal pernikahan kedua orang tua saya. Selanjutnya kehidupan saya ditentukan oleh baiknya tanggal berapa. Tanggal baiknya saya di-aqiqah, piknik ke Bali, membeli sepeda pertama, dan kapan mengubur kucing peliharaan saya (Ya segera setelah dia mati tentunya). Banyak hal, sampai mungkin lidah ini akan kaku menjabarkannya.

Sekarang ini, saya lebih sering pusing menentukan hari baik untuk diri saya sendiri. Tanggal tepat untuk mulai, hari baik untuk menjalani. AH! Selalu selalu selalu. Memperkirakan tanggal baik rasanya sudah mulai tidak penting. Seiiring muncul istilah dari Mas Nunung, dosen saya, Tulis saja, kapan lagi? yang bisa diplesetkan menjadi Mulai saja, kapan lagi?

Tapi nyatanya masih penting, tidak pakai spontanitas melainkan harus terorganisir dan terencana. Okelah, semoga semua tanggal, rencana, dan perkiraan yang saya rencanakan tidak meleset. Dan hari baik tetap menjadi hari yang baik.


Viva la Aksi Kreasi!*


*Aksi kreasi adalah event tahunan SKM UGM Bulaksumur, merupakan rangkaian perayaan HUT Bulaksumur Pos yang resmi mandiri dan menjadi sebuah media komunitas independen di UGM. Aksi kreasi #2 tahun ini akan berlangsung pada Minggu, 30 Mei 2010, mulai pukul 08.00 WIB di Pusat Kebudayaan Koesnadi Hardjosoemantri. Keterangan lengkap, kunjungi www.bulaksumur-online.com

3 comments: